Links
Google
 

Tuesday, April 17, 2007

Batakologi


KURIKULUM BATAKOLOGI

SMK Negeri 1 Laguboti yang saat ini dipimpin Bapak Marubat Sitorus,S.Pd,dan juga selaku ketua Lembaga Batakologi Kabupaten Toba Samosir yang bergerak dalam pengembangan Seni dan Budaya Batak saat ini dipercayai oleh Pemerintah Kabupaten Toba Samosir untuk menyusun KURIKULUM BATAKOLOGI yang akan diwajibkan masuk dalam Kurikulum Sekolah mulai dari SD s/d SLTA se_Kabupaten Toba Samosir.

Penyusunan Kurikulum tersebut didasari dengan melihat keadaan Budaya Batak Toba pada saat ini semakin memperihatinkan kelestariaanya dan banyak yang melenceng dari rambu-rambu yang telah ditetapkan oleh pendahulu orang batak (RAJA BATAK).

Dalam Kurikulum Batakologi ini terdiri dari 3 garis besar pembelajaran yaitu terdiri dari :
1. Pelestarian Bahasa
2. Pelestarian Adat dan
3. Pelestarian Seni

Untuk SMK Negeri 1 Laguboti yang merupakan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan Seni dan Budaya dalam hal ini memiliki banyak peran dan tanggung jawab dalam Pelestarian Seni Batak Toba sangat mendukung adanya Kurikulum ini. Karena saat ini, produk-produk Karya siswa yang dihasilkan masih sedikit sekali yang bernuansa Seni Batak seperti:

TUNGGAL PANALUAN
.

MOTIF GORGA


Sampai saat ini karya-karya yang dihasilkan oleh siswa maupun guru masih mencaplok atau dapat dikatakan meniru karya-karya produk yang bermotif/bercorak dari Jawa yang sudah nasional (umum).

Untuk itu Bupati Toba Samosir melalui Kepala Dinas Pendidikan Nasional mengharapkan Kurikulum Batakologi ini dapat selesai akhir Juni 2006 untuk dapat diterapkan mulai Tahun Ajaran 2006/2007.

Jamotton SMK Negeri 1 Laguboti

No comments: